Pergi ke Drielandenpunt, Berada di 3 Negara Sekaligus

Pergi ke Drielandenpunt

Di awal bulan Desember banyak tempat di Belanda yang udah mulai tutup karena lockdown. Dengan bermodal asal nyeplos ke Mas Bule, “I want to go to a restaurant or any street that in the border, so we don’t have to cross the border but I feel like I’m in different country”. Doi yang anggep serius pun cari informasi dan akhirnya kami pergi ke Drielandenpunt.

Serius deh, ketika ke Belanda bener-bener nggak ada ekspektasi bakal ke mana-mana sama sekali. Sudah mempersiapkan diri buat stay at home aja.

Jadi tuh ketika nyeletuk iseng mau ada di border bener-bener cuma mikir bakal ada di mobil terus keluar nginjekin kaki sebentar, foto, nikmatin pemandangan sambil nyengir terus masuk lagi ke mobil.

Ternyata nggak dong!! Pergi ke Drielandenpunt bener-bener kayak hadiah sebelum Natal yang super mevvah!

Pergi ke Drielandenpunt

Sesuai dengan namanya Drielandenpunt artinya adalah perbatasan antara tiga negara (3 countries point). 3 Negara nya adalah Belanda, Belgium dan Jerman.

Di mana kalau kamu berdiri di satu titik persis, kamu akan berada di Belanda, Belgium dan Jerman dalam waktu bersamaan. Tapi nggak cuma sampai di situ, pemandangan di sana bener-bener super keren banget!

Berangkat dari sebuah kota kecil di Belanda, Den Bosch. Kami melakukan perjalanan bermodalkan Google Maps untuk bisa sampai ke sana. Perjalanan dengan mobil memakan waktu sekitar 1 jam 45 menit sampai 2 jam.

Tergantung seberapa cepat kamu menyetir, keadaan jalanan yang lancar atau macet, cuaca dan lain-lain. Untungnya waktu berangkat ke sana semuanya lancar dan cuacanya sangat bersahabat.

Sepanjang perjalanan cuma bisa bersyukur karena pemandangannya bagus banget! Terutama ketika sudah memasuki area Vaals, cantik banget pemandangannya.

Mulai dari peternakan yang super bagus, bersih dan rapih, terus pemandangan padang hijau yang luas dan cantik banget. Tentunya nggak ketinggalan bangunan-bangunan kuno yang duh, bikin meleleh banget.

Rasanya nggak pernah ngebayangin bisa ngeliat semua itu sampai akhirnya bisa sampai di Belanda. Thanks to LDR Visa banget deh!!

Drielandenpunt

Pemandangan di 3 countries border

Ketika akhirnya sampai di Drielandenpunt, kami pun mencari parkiran yang gratis. (Pacaran sama Bule boleh, tapi jiwa ekonomis harus dibawa sampai mati! Wkwk).

Nah, dari parkiran kamu pun membawa ransel yang sudah saya siapkan untuk makan siang, isinya ada rendang dan nasi. YAK bayangin deh, betapa nikmatnya berada di tempat yang dingin dan cantik sambil makan rendang, begitulah ekspektasi ku.

Berjalan sekitar 20 menit untuk sampai di tempat keramaian. Jalanannya seperti menyusuri hutan tapi nggak terlalu dalem dan indah aja gitu, siang-siang sambil kedinginan. Cuaca waktu itu 2 derajat celcius.

Ketika akhirnya sampai di Belgia, saya pun melihat tower yang sangat tinggi dan bilang ke Mas Bule kalau mau naik ke atas. Biaya per orangnya adalah 4 euro untuk naik ke atas tower.

Jiwa pelit ku ini akhirnya terdiam dan memutuskan buat bodo amat! Kuy, kita tetep naik ke atas. Ternyataaaaaa, BAGUS BANGET DONG! Pemandangan yang bener-bener breath taking banget di atas sana.

Nggak cuma pemandangannya aja, tapi juga dinginnya! Bayangin deh, di cuaca yang super dingin, berada di ketinggian, cuma pake winter coat, pemandangan super bagus sampai rasanya pengen berjemur di sana dan stay selama mungkin untuk nikmatin semua pemandangannya.

Hal paling menarik buat ku adalah ketika melihat langit di Belanda yang cerah dan sedikit berawan, lalu langit Belgia yang mulai sunset dan bergeser melihat langit Jerman yang sangat cerah.

Tuhan sebaik dan seluar biasa itu. Bener-bener cuma bisa mengucap syukur selama di sana. So, kalau kamu pergi ke Drielandenpunt jangan lupa untuk naik tower yang ada di Belgia ya, karena di situ bener-bener keliatan semuanya.

Titik Temu Belanda, Belgia dan Jerman

Pergi ke Drielandenpunt

Nah, di dekat tower kamu akan melihat tiga bendera yang ditancap berjejer, Belanda di paling kiri, Belgia di tengah dan Jerman di paling kanan.

Yup, di titik itu lah kamu bisa berdiri untuk berada di titik temu tiga negara sekaligus. Saya mencoba untuk bergaya menaruh tangan di sisi Jerman, Kaki kiri di Belanda dan kaki kanan di Belgia.

Pergi ke Drielandenpunt

Kurang lebih, begitu lah orang-orang bergaya untuk berfoto atau membuat video. Di saat itu lah aku merasa officially ada di tiga negara saat persamaan.

Sebenarnya waktu itu saya dan Mas Bule hampir aja nggak menemukan di mana titiknya. Karena sudah kedinginan dari tower waktu turun kami pun buru-buru mencari tempat untuk makan.

Karena Mas Bule udah janji kalau bakalan jajanin aku french fries di Belgia, jadi kami pun buru-buru membeli french fries yang di jual di sana. Setelah selesai nyamil sambil ngobrol kami pun memutuskan untuk pulang.

Tapi aku penasaran banget sama Bendera yang ada di sebrang mata, jadi aku ajak mas bule buat ke sana mau foto-foto. Ternyata itu adalah titik temu tiga negara nya! Hahaha

Memang ya, kadang lapar itu memang mengalahkan segalanya, untung aja penasaran dan ngotot tetep samperin benderanya sebelum pulang!

Fasilitas di Drielandenpunt

Selain hanya berjalan melihat borders kamu juga bisa menikmati fasilitas yang disediakan di sana. Misalnya seperti bermain di labyrint. Labyrint nya besar sekali!!

sayangnya, saat ke sana kemarin kami tidak bisa memasuki labyrint nya karena ditutup. Untuk anak-anak pun ada area bermain, jadi mereka tetap bisa bersenang-senang di sana.

Nah, yang selalu menarik dari orang barat menurut ku adalah mereka nggak masalah untuk bermain dengan anaknya di alam bebas walau pun ada banyak orang di sekelilingnya.

Banyak orang tua yang tiba-tiba bermain bola dengan anaknya di sekitar area jalan-jalan. Atau orang-orang yang membawa doggy nya baik yang ukuran kecil atau besar untuk jalan-jalan.

Buat ku sendiri, setelah puas keliling di area Drielandenpunt, kami pun akhirnya memutuskan untuk pulang ke rumah. Bagaimana dengan rendang yang sudah disiapkan?

Akhirnya rendangnya dimakan di rumah dong, nggak jadi duduk manis sambil makan rendang dengan pemandangan indah HAHA!

Is Going to Drielandenpunt worth it?

Buat ku pribadi worth it banget pergi ke Drielandenpunt! Apalagi di masa pandemi begini yang nggak bisa ke mana-mana. Social distancing ke jaga banget karena area nya luas dan nggak perlu berdempet-dempetan.

Akan kah kembali ke sana? YEP! Even, ketika border udah buka dan nggak lock down lagi, suatu hari aku mau kembali ke sana.

Karena misalnya sekali pun bisa keliling ke negara-negara lain, tapi pemandangan dari tower di Belgia benar-benar priceless banget menurut ku.

Kalau kamu punya kesempatan boleh banget nih kapan-kapan ke sana. Total pengeluaran ku selama di sana hanya 14 euro. Yup, ke tiga negara haya dengan 124euro.

Untuk tower 4 euro/orang dan 4 euro untuk french fries dan 2 euro untuk menggunakan tropong untuk melihat lebih zoom in. Worth it banget menurut aku!

Buat yang mau ngikutin kisah perjalanan ku, bisa baca-baca mengenai artikel jalan-jalan dan tips untuk menghindari scam di Selangkah.id ya.

Be the first to comment

Leave a Reply