Ngurus Sweetheart Visa Belanda|Gampang-Gampang Susah!

Pandemi bener-bener bikin pasangan LDR lebih menderita daripada keadaan normal! Gimana nggak, wong mau ketemu pacar yang tinggal jauh nan di sana susah banget! Untung banget ada Sweetheart Visa dari pemerintah Belanda jadi akhirnya bisa ketemuan lagi. Sekalian aku mau bagi informasi cara ngurus Sweetheart Visa Belanda buat para pejuang LDR lainnya.

9 bulan nggak ketemu sama pacar buat ku gampang-gampang susah, karena selain nggak ketemu perbedaan 5-6 jam pengaruh banget ke jadwal ku dan dia. Ditambah ngeliat Indonesia di banned di mana-mana.

Uda hopeless banget kalau nggak bakal ketemu sampai pandemi bener-bener cured. Berutungnya karena pacarku orang Belanda, aku bisa ngurus Sweetheart Visa Belanda.

Sweetheart Visa Belanda

OTW Jakarta – Doha

Sweetheart Visa sendiri merupakan visa khusus di masa pandemi. Di mana The Ministry of Justice nya Belanda ngerasa kalau di tengah pandemi begini kesehatan mental warganya yang LDR bakal down kalau mereka kelamaan jauh dari pasangannya. (Asli ini sweet banget sampai kepikiran!)

Nah, dari concern tersebut, akhirnya tercetus lah Sweetheart Visa buat para pasangan dari para orang Belanda ini. Termasuk dari negara-negara yang di banned.

Buat ku sendiri Sweetheart Visa sendiri tuh penyelamat banget buat pasangan LDR di masa pandemi, kayak Oase di padang gurun. Seger banget setelah 9 bulan bulan struggling dan hopeless.

Biar nggak lama-lama, aku langsung kasih tau langkah-langkah dan syarat buat ngurus Sweetheart Visa ya. Biar makin banyak pejuang LDR bisa ketemu sama pasangannya.

Negara yang Menyediakan LDR Visa

  1. Belanda
  2. Norwegia
  3. Denmark
  4. Republik Ceko
  5. Islandia
  6. Austria
  7. Swiss

Syarat-Syarat

  1. Kamu berpasangan dengan warga negara Belanda atau enam negara Eropa lainnya yang mengijinkan LDR Visa.
  2. Sudah menjalin hubungan selama minimal 3 bulan.
  3. Pernah bertemu secara langsung baik di negara asal kamu atau di luar negeri.
  4. Memiliki foto bersama.
  5. Memiliki bukti komunikasi (chat).
  6. Surat pernyataan dari orang ketiga kalau kamu dan pasangan adalah kekasih.
  7. Tiket pesawat pasangan dan atau kamu jika pernah bepergian bersama.
Dokumen Perorangan
  1. Passport
  2. Foto 3,5 x4,5 dengan background putih (Pengalaman ku di sana foto lagi)
  3. Akte Lahir
  4. Kartu Keluarga
  5. KTP
  6. Rekening Koran 3 bulan terakhir
  7. Refrensi Bank
  8. Travel Insurance yang meng- cover Covid-19
  9. Surat Sponsor dari Orang Tua atau tempat bekerja
  10. Harus punya bukti pemesanan tiket pesawat PP (bisa beli dulu atau minta dummy ticket dari Travel Agent)
Dokumen yang Harus Disediakan oleh Pasangan untuk Diserahkan ke Kedutaan Belanda di Indonesia
  1. Memiliki surat sponsor yang sudah ditandatangani oleh pemerintah Belanda
  2. Surat Undangan
  3. Foto Passport
  4. ID Card
  5. Rekening Koran 3 bulan terakhir
  6. Slip Gaji
  7. Short Stay Application Form yang harus ditandangani oleh pemohon (pasangan) dan pemerintah lokal Belanda

Cara Ngurus Sweetheart Visa Belanda

Puji Tuhan akhirnya berangkat

Aku sendiri menggunakan Travel Agent dalam mengurus visa kali ini. Hal ini dikarenakan aku masih takut keluar selama di Jakarta dan lumayan takut harus bolak-balika atau gagal, karena ini kan visa baru.

Tapi ternyata, visa ku selesai dalam waktu 2 hari kerja! Senang banget, waktu tau akhirnya bisa ke Belanda dan ketemu sama pasanganku!

So, aku kumpulin semua dokumen-dokumen yang harus aku sediakan lalu kirim ke TA yang aku pilih. Untuk dokumen dari pasanganku semua dia kirim email ke aku dan aku forward ke TA ku.

Setelah semua dokumen lengkap, TA ku langsung bikin appointment sama VFS Belanda untuk jadwal pembuatan Visanya. Kebetulan, waktu itu aku dapat jadwal hari Jumat jam 8:30 pagi.

Aku ke VFS nggak bawa apa-apa, cuma beberapa dokumen yang kurang aja. Terus, nunggu sampai giliran dipanggil.

Menariknya karena aku pake jasa TA, waktu dipanggil yang maju si Agen doang. Dia jawab semua pertanyaan dari VFS; Kenapa mau ke Belanda? Berapa lama? Ngapain aja? Tinggal di mana? Dll?

Setelah itu staff VFS manggil aku untuk tanda tangan dokumen, terus aku balik lagi duduk sambil nunggu. Terus dipanggil untuk scan sidik jari dan foto.

Setelah itu udah, aku boleh pulang dan tinggal nunggu hasil. Hari Senin VFS kirim email ke TA ku dan bilang dokumen (passport dan visa) ku lagi otw.

Hari Selasa aku dikabarin kalau visa nya approved!! So, menurut ku pribadi ngurus Sweetheart Visa Belanda kemarin cukup gampang untuk proses selama di VFS nya.

Yang lumayan ribet adalah untuk ngurus dokumen-dokumen dari pemerintah dll nya. Karena pasangan ku juga harus bikin appointment ke local government di daerahnya dan kondisi waktu itu masih partial lock down.

Terus aku pun juga tek-tok an sama VFS via email untuk mastiin rekening koran siapa yang akan berpengaruh, ternyata yang akan dicek adalah rekening koran pasangan (penanggung). Tapi mereka tetep butuh tahu kalau rekening koran ku pun aktif dan pasti pulang ke Indonesia.

Untuk detil lengkapnya juga bisa langsung cek di VFS Belanda. Email mereka pun sangat gampang dan pasti dibales secepat mungkin selama hari kerja.

Penutup

Nah, buat kamu para pejuang LDR Indonesia-Eropa, good luck ya! Kalau kamu uda nggak sabar untuk ketemu, kuy, langsung aja coba ngurus Sweetheart Visa Belanda/Eropa lainnya biar bisa ketemu sama pasangan kamu.

Setelah sampai di Belanda pun aku langsung karantina selama 10 hari dan masih berjuang menyesuaikan diri sama dinginnya winter di Belanda.

Untuk informasi lainnya sekitar travel kamu bisa langsung cek-cek juga di Selangkah.id!

4 Comments

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Terbang Naik Qatar Airways ke Belanda di Masa Pandemik - Selangkah
  2. Pergi ke Drielandenpunt, Berada di 3 Negara Sekaligus - Selangkah

Leave a Reply