Beer German Terkenal yang Ikut Meramaikan Oktoberfest

Beer German
Beer German - Oktoberfest

Pada artikel sebelumnya penulis telah membahas tentang Sejarah Oktoberfest: Festival Bir Paling Terkenal dari Jerman. Nah, artikel kali ini akan membahas lebih detail apa saja beer German terkenal yang ikut meramaikan Oktoberfest.

Beer di Oktoberfest sendiri umumnya berjenis Lager – Marzën. Biasanya dibuat dengan fermentasi terendam (ragi berada di bawah) pada temperatur dingin, dan dengan gravitasi yang lebih tinggi.

Proses pembuatannya memang memakan waktu yang cukup lama. Di mulai pada bulan Maret (Marzën) hingga awal musim semi dan makan dilanjukan kembali saat musim gugur.

Mereka menghentikan proses pembuatan selama musim panas karena suhu yang panas memungkinkan adanya infeksi dari bakteri yang ada. Agar bertahan lebih lama, beer juga harus disimpan dalam tempat penyimpanan dingin selama musim semi dan panas.

Umumnya beer jenis Lager memiliki rasa full-bodied, toasty, ringan, segar, dengan kandungan alkohol yang cukup tinggi. Apa aja sih beer German yang terkenal?

Beer German Terkenal yang Bisa Kamu Coba

Walapun umumnya memiliki rasa yang ringan dan segar, tapi Oktoberfest juga menyajikan beer dengan rasa yang lebih kuat dan pekat. Sedikit informasi, walaupun warnanya berbeda-beda, tapi hal tersebut tidak mempengaruhi kadar alkohol dalam beer.

Kamu ingin merayakan Oktoberfest sendiri tanpa harus datang ke Theresienwiese atau sekedar mencoba beer yang terkenal dari German?

Penulis punya beberapa rekomendasi beer German yang bisa kamu coba nih. Yuk, kita simak penjelasannya!

1. Augustiner Oktoberfestbier

Augustiner Oktoberfestbier, photo by eataly.net

Diproduksi oleh Augustiner-Bräu di Munich, beer German ini memiliki kadar alkohol 6.3% dengan warna kuning keemasan yang jernih.

Wanginya seperti perpaduan roti dan gandum kering, karamel, dan grassy. Dengan perpaduan rasa roti, biskuit gandum, sedikit rasa rumput yang baru dipangkas, membuat keseluruhan rasanya jadi segar dan ringan.

Nggak heran kalau Augustiner jadi beer yang paling populer karena rasanya yang khas dan ringan, cocok dengan lidah banyak orang.

2. Paulaner Oktoberfestbier

Paulaner Oktoberfestbier, photo by paulaner.com

Perpaduan sempurna dari aroma dan rasa gandum yang kuat, toffee, tunas bunga, earthy, serta diimbangi sedikit rasa buah-buahan seperti apel dan melon, rasa manis dan herbal.

Dengan kadar alkohol 6.0%, beer German ini memiliki warna amber cerah dan hanya diproduksi untuk Oktoberfest. Diproduksi oleh Paulaner Brauerei GmbH & Co. KG di Munich, Bavaria, Germany.

Nama Paulaner sendiri rupanya melejit dan tidak hanya dikenal masyarakat German. Kamu juga bisa menemukan beer Paulaner di banyak negara, termasuk Indonesia.

3. Schneider Weisse Tap 6

Beer German Sc
Schneider Weisse Tap 6, photo by beerplace.com.ua

Menjadi beer dengan jenis weizenbock pertama di sejarah Bavarian, beer Germany ini diproduksi oleh perusahaan G. Schneider & Sohn di Kelheim, Bavaria, Germany.

Dengan warna dark ruby yang terbuat dari bahan malts hitam dan gandum, beer ini memiliki kadar alkohol yang lebih tinggi dibandingkan yang lain, yaitu 8.2%.

Sangat cocok sebagai pelengkap hidangan rustic, daging panggang, atau hidangan penutup yang manis. Dengan perpaduan aroma dan rasa toffee, vanilla, karamel, buah pisang, kacang panggang, cukup manis, sedikit pahit, serta alkohol yang cukup kuat.

4. Spaten Oktoberfestbier Ur-Märzen

Germany beer Spatten
Spaten Oktoberfestbier Ur-Märzen, photo by beeroftheday.com

Ini merupakan beer pertama saat Oktoberfest resmi dirayakan seluruh dunia. Dengan jenis Lager – Marzën.

Spaten-Franziskaner-Bräu GmbH di Munich, Bayern, German memproduksi beer berwarna dark copper ini dengan kadar alkohol 5.9%.

Perpaduan aroma tunas bunga yang spicy dan malt panggang memberikan ketenangan dan mempesona. Beer ini memiliki rasa yang seimbang antara tunas bunga lavender, verbena, gandum manis, karamel, dan sedikit rasa pahit.

5. Aecht Schlenkerla Rauchbier Märzen

Germany Beer Aecht Schlenterla Rauch
Aecht Schlenkerla Rauchbier Märzen, photo by Wikipedia.org

Schlenkerla adalah sebuah pub di kota Bamberg, Bavaria, German dengan nama legal pabriknya yaitu HellerBräu Trum KG. Mereka memproduksi beer Aecht Schlenkerla yang memiliki kadar alkohol 5.4% dengan jenis Lager-Rauchbier.

Aecht Schlenkerla memiliki warna cokelat gelap dengan aroma smokey yang khas. Aroma kayu perapian dan seperti makanan yang dibakar pasti mengingatkan kamu dengan acara BBQ.

Selain seperti makanan yang dibakar, saat meminumnya kamu juga akan merasakan gandum dan oak manis yang diimbangi dengan rasa pahit yang pas.

6. Hacker Pschorr Oktoberfest Märzen

oktoberfest bir Hacker Pschorr Oktoberfest
Hacker Pschorr Oktoberfest Märzen, photo by beeroftheday.com

Dengan kadar alkohol 5.8% dan warna tembaga yang jernih, beer Germany satu ini diproduksi oleh Hacker-Pschorr Bräu GmbH dari kota Munich, German yang merupakan gabungan antara perusahaan Hacker dan Pschorr.

Dimiliki oleh Paulaner Group, Hacker-Pschorr memiliki 15 varian produk (diantaranya adalah produk musiman) yang dijual di German dan juga US.

Walaupun aroma dan rasanya kurang lebih seperti Paulaner Oktoberfestbier, Hacker Pschorr juga memiliki rasa karamel dan earthy.

7. Hofbräu Oktoberfestbier

Hofbräu Oktoberfestbier, photo by beeroftheday.com

Beer ini diproduksi oleh pabrikan beer milik pemerintah negara bagian Bavaria kota Munich, German yang bernama Staatliches Hofbräuhaus in München.

Dengan warna emas yang jernih dan kadar alkohol 6.3%, Hofbräu dibuat dari beberapa bahan. Seperti tunas tumbuhan Herkules, Perle, Magnum dan gandum yang berkualitas.

Memiliki rasa full-bodied, gandum manis yang lembut dan sedikit pahit dari tunas tumbuhan, beer ini cocok sebagai pendamping hidangan berat dan juga snacks ringan.

8. Löwenbräu Oktoberfestbier

Löwenbräu Oktoberfestbier
Löwenbräu Oktoberfestbier, photo by beerhawk.co.uk

Löwenbräu beer sudah disajikan dalam perayaan Oktoberfest di Munich sejak 1810. Diproduksi oleh Löwenbräu Brewery, beer yang memiliki warna kuning keemasan yang jernih ini memiliki kadar alkohol 6.1%.

Aromanya seperti kebanyakan beer jenis Lager-Marzën pada umumnya, yaitu perpaduan gandum, buah-buahan, dan aroma earthy.

Löwenbräu memiliki rasa yang seimbang antara gandum, roti, serta tunas bunga dan rumput segar yang baru dipangkas. Kamu juga bisa merasakan rasa sedikit pahit setelah meminumnya.

Penutup

Beer memang salah satu jenis minuman yang banyak digemari masyarakat dari berbagai belahan dunia. Walaupun mengandung alkohol, ternyata beer juga punya manfaat yang baik bagi tubuh loh guys. Asalkan diminum sesuai takaran atau dosis yang normal ya!

Lalu beer German mana nih yang paling kamu mau coba? Tulis jawabanmu di kolom komentar ya! Kalau sebelumnya kamu sudah pernah coba, boleh banget ceritakan juga gimana menurut pendapatmu.

Yuk, ikuti terus artikel makanan dan travel lainnya hanya di Selangkah.id!

Be the first to comment

Leave a Reply