Jalan Jalan di Penang Menikmati Tempat Menarik dan Asyik

Jalan Jalan di Penang
Mural Street Art

Jalan jalan di Penang itu rasanya kayak hidup mewah tapi murah. Pulau yang terkenal dengan tempat pengobatannya ini punya sejuta harta karun yang harus kamu kunjungi dan eksplor.

Salah satu kota di Malaysia ini terbagi menjadi dua bagian. Setengah bagian terkenal untuk pengobatannya, setengahnya lagi untuk jalan-jalan.

Penulis berangkat dari Kuala Lumpur menuju penang menggunakan bus malam hari. Tapi kamu juga bisa menggunakan pesawat terbang langsung ke Penang jika kamu mau.

Apa saja sih yang bisa kamu lakukan saat jalan jalan di Penang? Banyak sekali yang menarik loh, mulai dari tempat makan, temple bahkan tempat wisata yang asyik.

Tempat Wisata Saat Jalan Jalan di Penang

Penang seakan menjadi suatu kota yang penuh dengan bukti sejarah yang sangat kental. Sejauh kamu memandang, kamu akan melihat peninggalan sejarah yang keren-keren.

Nah, saat jalan jalan di Penang kamu wajib banget mengunjungi beberapa tempat di bawah ini. Mulai dari peninggalan bersejarah, art hingga pantai, semuanya ada di Penang.

1. Fort Cornwallis

Jalan Jalan di Penang
Fort Cornwallis

Benteng tertua di Pulau Penang ini merupakan peninggalan bersejarah yang sangat unik. Walau dibangun di masa perang dan digunakan sebagai benteng pertahanan.

Fort Cornwallis tidak pernah meledakan canon nya untuk perang. Saat memasuki bangunannya kamu akan melihat bangunan dengan vibe yang sangat bersejarah namun mengasikan untuk berada di sana.

Di dalam Fort Cornwallis, kamu bisa mengikuti tur untuk mengetahui sejarah Malaysia, bersantai sendirian sambil mengagumi atau bahkan berfoto-foto. Tempatnya sangat bagus dan worth to go banget!

2. Queen Victoria Memorial Clock Tower

jalan jalan di penang
Queen Victoria Memorial Clock Tower

Nggak jauh dari Fort Cornwallis, kamu bisa melihat Queen Victoria Memorial Clock Tower. Queen Victoria Memorial Clock Tower sendiri menjadi ikon dari kota Penang.

Dengan 60 kaki ketinggiannya, clock tower nya juga memiliki enam undakan yang memiliki artinya masing-masing . Dibangun untuk merayakan anniversary Ratu Victoria bertahta.

Untuk orang awam mungkin tugu jamnya hanyalah sebagai background foto saja. Namun, untuk para pencinta sejarah, setiap elemen dari tugu jam ini memiliki arti yang sangat menarik.

3. Penang Street Art

Mural di sekitar jalan Penang
Penang Street Art

Siapa sih yang nggak suka selfie di jaman sekarang? Atau misalnya nggak suka foto-foto saat jalan-jalan?

Nah, kalau kamu suka foto-foto belum ke Penang namanya kalau belum menikmati Penang Street Art-nya. Mural yang selalu bagus dan seakan memiliki cerita dari setiap muralnya.

Di sepanjang jalan di Goerge Town kamu akan melihat mural yang mulai dari lucu, menggemaskan sampai mengaggumkan sekali. Kamu pasti betah banget untuk menikmati setiap mural di jalanan Penang.

4. Chew Jetty

Chew Jetty tempat wisata di George Town
Chew Jetty

Satu lagi yang sejarah yang sangat menarik dari George Town. George Town memiliki beberapa Clan bersejarah.

Sebuah kawasan bagi peranakan China yang kabur ke Malaysia pada abad ke-18 tinggal di kawasan ini. Ada 7 Clan China, salah satunya adalah Chew Jetty.

Di sini kamu akan melihat perumahan di atas laut seperti rumah panggung yang berada di atas air. Jika kamu menyusuri lebih dalam, maka kamu akan sampai ke dermaga yang menyediakan pemandangan luar biasa.

Mulai dari perumahan dengan karakteristik China kuno yang sangat kental hingga lautan yang sangat indah. Kapal-kapal yang berlabuh di sore hari, dan tentunya tempat oleh-oleh yang cukup murah.

5. Botanical Garden

Botanical Garden Tempat Wisata di George Town
Botanical Garden

Menyusuri Penang lebih dalam, kamu wajib banget ke Botanical Garden. Sebisa mungkin kalau kamu ke sini di pagi hari ya, karena tempatnya luas banget dan akan memakan waktu cukup lama.

Untuk ke sini kamu bisa menggunakan Grab untuk lebih mudah. Nah, di dalam Botanic Garden kamu bisa memilih untuk berjalan kaki atau membayar untuk menaiki shuttle bus yang disediakan di sana.

Nggak bohon, tempatnya luas banget. Jadi kalau kamu mau jalan kaki lebih baik jalan santai aja biar bisa melihat bunga-bunga yang sangat cantik. Selain tanaman di dalam garden-nya juga ada banyak kera berkeliaran.

6. Pantai Batu Feringghi

Pantai Batu Feringghi Kota George Town
Pantai Batu Feringghi

Setelah menikmati Botanical Garden, sorenya kamu bisa bersantai di Pantai Batu Feringghi. Tempatnya sepi dan bersih, jadi kalau kamu mau menunggu matahari terbenam bisa santai banget dan nggak berisik.

Di sini juga ada beberapa food court dan restoran yang cukup murah dan enak-enak. Jadi sembari menunggu dan bermain di pantai, kamu bisa mengisi perut kamu dengan makanan yang enak-enak.

Waktu itu penulis ke sini dari jam 4 sore hingga jam 6 sore. Jadi benar-benar menunggu sunset sambil bermain dengan pasirnya yang bersih. Asik banget deh pokoknya di sini!

Penutup

6 tempat jalan jalan di Penang yang ada di artikel ini benar-benar cocok untuk menikmati Penang secara santai. Mulai dari berjalan menikmati pemandangan sambil belajar sejarahnya yang menarik.

George Town adalah kota yang benar-benar cocok banget untuk bersantai dengan sedikit mewah tanpa membuat kantong jebol. Jadi benar-benar bisa mengistirahatkan jiwa dan juga kantong selama di sini.

Tempat mana nih yang paling kamu suka dari Penang? Ikuti terus artikel lainnya mengenai Malaysia dan jalan-jalan hanya di Selangkah.id ya.

Be the first to comment

Leave a Reply