Makanan Khas Thailand Halal: Street Food yang Wajib Dicoba

makanan khas thailand halalal

Selain ke tempat wisata, biasanya apa saja sih yang kamu lakukan saat berwisata ke Thailand? Apakah pergi belanja sepuasnya? Atau mencoba makanan khas Thailand halal di berbagai tempat?

Bagi kamu yang makan makanan halal, tidak perlu khawatir. Thailand juga punya banyak makanan khas yang halal loh guys! Kamu bisa memastikannya dengan melihat nama menu, foto menu atau langsung bertanya kepada para penjual.

Yuk langsung kita simak apa saja makanan khas Thailand Halal versi street food yang wajib kamu coba!

Makanan Khas Thailand Halal

Jalan-jalan tidaklah lengkap tanpa mencoba kuliner khas dari daerah tersebut. Jangan lupa untuk mengisi perut dan memanjakan lidah kamu dengan berbagai rasa makanan enak. Apalagi Thailand punya banyak sekali street food yang enak dengan harga terjangkau.

Kamu juga bisa dengan mudah menemukan dan mencoba berbagai jajanan pasar ini. Mulai dari pedagang di pinggir jalan-jalan kota, pasar tradisional, night market, hingga di pusat perbelanjaan.

Daripada makin penasaran, yuk kita simak apa saja makanan khas Thailand halal yang wajib kamu coba!

1. Buah Potong dan Jus Segar

makanan khas thailand halal buah segar
Buah potong dan jus segar

Nggak usah diragukan lagi kalau buah-buahan di Thailand itu enak dan berkualitas sekali. Walaupun kamu beli di pasar traditional, tetap nggak kalah bagusnya dengan yang ada di supermarket besar.

Jadi nggak heran kalau kamu akan sangat gampang menemukan penjual buah dan jus segar di Thailand. Semangka, nanas, melon, jambu, dan mangga adalah beberapa buah favorit yang biasa dipilih pembeli.

Buah potong biasanya disajikan di dalam plastik transparan dan dibanderol dengan kisaran harga THB 30-50. Sedangkan jus segar dibanderol dengan kisaran harga THB 30-60 tergantung jenis buah yang dipilih.

2. Sate Sosis dan Sate Bakso

Sate sosis dan sate bakso

Salah satu jajanan yang paling menggoda menurut penulis adalah sate sosis dan sate bakso. Selain murah, ukuran satu tusuknya juga cukup besar loh.

Sosis dan baksonya pun beragam, ada yang terbuat dari ayam, sapi, maupun ikan. Selain sosis dan bakso, biasanya ada pangsit goreng, fish cake, dan crab stick juga.

Dengan kisaran harga THB 5-10 per tusuk, kalian sudah bisa menikmati jajanan ini. Murah banget kan, guys?

3. Es Krim Kelapa

Es krim kelapa

Kalau kamu sedang jalan-jalan di pasar Chatuchak di siang hari, cocok banget deh sambil makan es krim yang segar ini. Selain unik, es krim ini juga ramah lingkungan loh, karena menggunakan batok kelapa sebagai wadahnya.

Selain es krim kelapa yang segar, kamu juga bisa memilih 2-3 topping tambahan loh. Kamu bisa pilih mulai dari kolang-kaling, nata de coco, manisan buah, kismis, kacang, ketan, atau chocolate sprinkles.

Apalagi masih ada daging kelapa segar yang masih menempel di batoknya. Lumayan kan guys jadi topping tambahan! Kamu bisa membelinya dengan kisaran harga THB 50 per porsi.

4. Khanom Bueang

Kanong Bueang
Khanom bueang

Kalau di Indonesia ada leker, Thailand punya Khanom Bueang sebagai makanan khas yang biasanya dijadikan cemilan. Ternyata bentuknya juga mirip seperti taco loh!

Adonan utamanya terdiri dari air, telur, gula palem, tepung beras, tepung kacang hijau, dan kulit telur yang dihancurkan sampai halus seperti tepung. Sedangkan untuk topping, mereka menggunakan hasil meringue dari putih telur dan gula, serta parutan kelapa.

Kamu bisa merasakan garing dan manisnya khanom bueang dengan harga sekitar THB 5 per buah atau THB 30-40 per porsi.

5. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice
Mango sticky rice

Makanan khas Thailand ini memiliki perpaduan rasa manis dan juga gurih. Dalam bahasa Thailand, kamu bisa menyebutnya khao neeo mamuang.

Street food yang satu ini terdiri dari buah mangga matang yang dipotong-potong, ditambah dengan ketan dan disiram oleh santan kental. Kamu bisa memakannya sebagai dessert atau sekedar camilan.

Umumnya satu porsi mango sticky rice dijual dengan kisaran harga THB 50. Kalau mau harga yang lebih murah, penulis sarankan agar membelinya di pasar atau pedagang pinggir jalan ya.

6. Pad Thai

makanan khas thailand halal Pad Thai Thailand
Pad thai

Untuk golongan street food, pad thai memiliki porsi yang cukup banyak. Nggak heran kalau para wisatawan juga bisa menjadikan makanan khas Thailand ini sebagai main course.

Bahan-bahan dasarnya terdiri dari mie beras yang ditumis dengan telur dan sayuran. Ditambah lagi dengan isian pelengkap seperti ayam atau seafood yang bisa kamu pilih.

Biasanya setelah matang, penjual akan menyajikannya dengan potongan jeruk nipis, bawang goreng, kacang goreng yang telah dihancurkan, atau bubuk cabai. Cukup dengan membayar sekitar THB 50-80 kamu bisa menikmati seporsi pad thai yang nikmat.

7. Kuay Teow Reua

Kuay Teow Reua khas Bangkok
Kuay Teow Reua

Kuay teow reua atau thai boat noodle adalah masakan khas Thailand yang dulunya dijual diatas perahu. Namun sekarang kamu bisa menemukannya di pasar-pasar atau pinggir-pinggir jalan di Thailand.

Terdiri dari mie atau kwetiau kuah yang disajikan bersama tauge, daun bawang, serta daun ketumbar untuk memberikan rasa Yang berbeda dari mie atau kwetiau kuah pada umumnya.

Bagi kamu yang makan makanan halal, kamu bisa memilih daging ayam atau sapi untuk isian pelengkapnya. Untuk menikmati semangkuk kuay teow reua, kamu perlu membayar sekitar THB 20.

Penutup

Itu dia beberapa makanan khas Thailand halal yang wajib banget kamu coba guys. Wah abis nulis artikel ini jadi gak sabar deh pengen jalan-jalan ke sana lagi.

Nah, kira-kira mana nih yang paling kamu suka? Kalau kamu sudah pernah coba jajanan di atas atau punya rekomendasi street food lainnya, tulis di kolom komentar juga ya!

Jangan lupa ikuti terus artikel makanan dan travel di Thailand lainnya hanya di Selangkah.id ya!

Be the first to comment

Leave a Reply