Resep Mango Sticky Rice ala Thailand yang Enak dan Simpel

rese mango sticky rice

Saat jalan-jalan ke Thailand ada tiga makanan wajib yang enggak boleh banget dilewatin. Burgernya 7-11 Thailand, Mango Sticky Rice dan pastinya Pad Thai. Mumpung lagi musim mangga dan enggak boleh jalan-jalan, kita bikin sendiri yuk! Resep Mango Sticky Rice nya gampang banget buat diikutin kok.

Ngeliat banyak mangga bahkan manen banyak mangga pas banget buat divariasiin jadi sesuatu yang baru. Buat ngobatin rasa rindu sama Thailand misalnya.

Udah beberapa kali bikin mango sticky rice dan akhirnya resep mango sticky rice satu ini enak banget jadinya. Perpaduan yang sempurna untuk mangga dan si ketan tanpa ngerasa kemanisan atau enek.

Buat saya pribadi yang paling penting dari Mango Sticky Rice selain mangganya adalah saus nya! Rasa di saus harus pas banget buat jadi pelengkap dari kenikmatan.

Resep Mango Sticky Rice

Biar enggak lama-lama dan kelaperan, langsung saja yuk kita coba bikin mango sticky rice pakai resep ini.

Bahan-Bahan

  • 2 Buah Mangga

Bahan Ketan

  • 250 gr Ketan putih
  • 200 ml santan (saya pake santan kara)
  • 50 ml air
  • 2 helai daun pandan
  • 1/2 sdt garam

Bahan Saus

  • 200 ml santan (saya pake santan kara)
  • 3-5 sendok makan susu kental manis (bisa ditambahkan atau dikurangi sesuai selera)

Langkah-Langkah Membuat Mango Sticky Rice

Resep Mango Sticky Rice
Nasi Ketan Mangga
  1. Cuci bersih kentan. Setelah itu rendamlah ketannya hingga mengembang selama kurang lebih 2 jam.
  2. Tiriskan ketan yang sudah direndam.
  3. Kukus ketan di dandang.
  4. Rebus santan, garam, daun pandan hingga mendidih.
  5. Campurkan ketan ke dalam santan, garam, dan daun pandan.
  6. Masukkan kembali ke dalam dandang.
  7. Jika tidak punya dandang, bisa menggunakan kain untuk menaruh ketannya.
  8. Kukus hingga matang dan empuk.

Langkah-Langkah Membuat Saus Santan

rice
Saus Santan
  1. Rebus santan ke dalam panci hingga sedikit mendidih dengan api kecil/sedang
  2. Campurkan susu kental manis ke dalam panci
  3. Aduk hingga rata, jika terlalu kental bisa tambahkan sedikit air ke dalam sausnya
  4. Aduk terus hingga matang supaya tidak gosong
  5. Tuang saus ke dalam wadah

Setelah semuanya selesai, potong mangga dan taruh di atas piring. Tuangkan seporsi ketan ke dalam piring disebelah mangganya.

Setelah selesai, tuang saus di atas nasi ketannya dan bisa dituangkan juga di atas mangganya.

Penutup

Nah, dengan bikin mango sticky rice sendiri rasa kangen sama Thailand jadinya terobati deh. Semoga kamu suka ya dengan resep Mango Sticky Rice nya.

Selamat mencoba dan selamat menikmati. Kalau kamu suka makanan Thailand apalagi makanan 7-11 nya, kamu perlu juga nih cek makanan 7-11 Thailand yang wajib dicoba hanya di Selangkah.id!

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. Resep Churros Tanpa Telur Garing di Luar Empuk di Dalam - Selangkah
  2. Makanan Khas Thailand Halal: Street Food yang Wajib Dicoba - Selangkah

Leave a Reply