10 Tempat Wisata di Qatar yang Menakjubkan

Tempat Wisata di Qatar yang Terbaik

8 tahun lalu, saat mendengar Qatar yang aku pikirkan adalah padang gurun. Semacam negara yang panas dan pasir di mana-mana gitu lah. Ternyata Qatar menakjubkan sekali! Terutama 10 tempat wisata di Qatar ini, wajib banget kamu datengin!

Kalau kamu juga pernah berfikir kalau Qatar adalah negara yang panas dan tidak ada apa-apanya. Toss, kita sama! Gapapa namanya juga manusia. Berimajinasi itu penting, salah ya gapapa.

Tapi biar enggak selalu salah, kita cari tahu lebih jauh yuk tentang Qatar. Selain negeri yang indah dan maju, ternyata banyak sekali tempat wisata yang indahnya.

Tempat Wisata di Qatar

Pandangan tentang negara yang panas dan di tengah-tengah gurun pasir rasanya ambiar saat tahu kalau Qatar adalah negara yang sangat maju. Bahkan sangking majunya, hampir semua tempat wisata dipenuhi dengan AC.

Jadi, kamu benar-benar enggak bakal ngerasa panas di sana. Kecuali kalau memang kamu bermain di gurun nya. Susah juga ya pasang AC nya!

Nah, ada berita gembira buat pemegang passport ijo yang mau ke Qatar. Kamu bisa ke Qatar dengan bebas visa selama 30 hari lamanya.

Tunggu apa lagi nih? Ya tunggu Covid-19 nya selesai dulu lah ya! Kalau udah bisa ke sana nanti, 10 tempat wisata di Qatar ini wajib banget nih kamu datengin.

Ada apa aja sih? Langsung aja yuk kita kepoin. Dari Museum, tempat belanja sampe mall, semuanya ada buat kamu.

Souq Waqif

Tempat Wisata di Qatar yang Terbaik
Souq Waqif

Apa yang lebih baik daripada tempat belanja dengan arsitektur dan interior yang sangat menakjubkan? Pastinya uang yang sangat cukup di dompet.

Buat kamu yang suka belanja, wajib banget nih pergi ke Souq Waqif. Barang-barang yang dijual memiliki kualitas yang bagus dan pastinya dengan harga yang sangat terjangkau.

Souq Waqif dikenal sebagai pusat kota nya Qatar. Bangunannya sendiri sangatlah indah dan memiliki ciri khasnya sendiri yang terlihat dari arsitektur kunonya.

Walaupun terlihat/terkesan tradisional, tapi tempat ini merupakan tempat yang sangat pas untuk kamu benar-benar merasakan budaya Arab. Makanan kebab beneran yang rasanya super enak.

Enggak cuma makanannya saja tapi kamu juga bisa menikmati shisha bersama dengan teman-teman dan keluarga. Sambil bersantai dengan pemandangan yang indah, wah lengkap banget!

Ditambah lagi, di sini selalu ada aja acara yang disediakan. Mulai dari konser musik sampai sirkus sering banget diadakan di sini. Semuanya untuk menghibur setiap pengunjungnya.

Qatar benar-benar negara yang jago banget dalam memberikan service kepada pengunjungnya. Baik yang tinggal di sana dan juga wisatawan asing. Kamu pasti betah deh di sini!

The Pearl Qatar

The Pearl Qatar
The Pearl Qatar

Walau pun berada di daerah perguruan, rupanya Qatar enggak mau kalah dengan negara-negara kepulau-an. Selain Banana Island ada pula The Pearl yang disediakan oleh Qatar untuk kamu pencinta pantai.

Pulau buatan yang dibangung disekitar pesissir Doha ini memiliki besar sekitar 4 Kilometer persegi. Bentuknya seperti Kerangnya Jinny oh Jinny kalau kamu lihat dari atas.

Menjawab kebutuhan bersantai saat di pantai, Qatar benar-benar tidak tanggung-tanggung untuk memberikan service kepada para pengunjungnya. Karena, saat kamu di The Pearl kamu benar-benar akan merasa dimanjakan sekali.

Mulai dari pulaunya yang indah, yacht yang bertebaran di sana bikin mata kamu ngiler untuk punya satu. Cafe dan restoran yang menyediakan makanan super enak, walau agak mahal.

Tidak ketinggalan, pastinya ada butik-butik untuk kamu yang suka berbelanja barang-barang branded. Seakan sekali dayung 2-3 pulau terlampaui banget di sini.

Aspire Park

Tempat Wisata di Qatar yang Terbaik
Aspire Park

Buat pelancong yang seperti saya kalau liburan sukanya tetep balance antara jalan-jalan, istirahat dan olah raga, harus banget ke Aspire Park. Selain bisa bersantai kamu juga bisa olah raga kecil di sini.

Aspire Park sendiri merupakan taman yang sangat luas, enggak tanggung-tanggung luasnya sebesar 88 hektar! Bakal lebih lelah daripada lari dari kenyataan ini mah.

Fakta Menarik: Sangking luasnya Aspire Park, pada Tahun 2006 Asian Games pernah digelar di sepanjang tempat olah raga Aspire Park! Lumayan kan, jalan-jalan sekalian mencoba tempat berlangsungnya Asian Games, hehe.

Tempat Wisata Pantai di Qatar

Dengan pasirnya yang super halus, tentunya Qatar juga memiliki beberapa pulau untuk menghibur kamu. Tempat wisata pantai di Qatar enggak kalah bagus dari negara tropis lainnya.

Malahan, di sini kamu bisa ke pantai dan merasa kayak anak sultan. Soalnya bakal di perlakukan kayak sultan beneran!

Banana Island Qatar

Tempat Wisata di Qatar banana island
Banana Island

Kalau kamu penduduk Jakarta, pernah denger Pulau 1000? Kalau pernah, mungkin gambaran Banana Island itu seperti Pulau 1000 dikali 1000.

Alias versi super mevvah-nya! Kamu bisa berasa orang kaya raya hanya dengan membayar QAR 200/orang atau setara dengan Rp815.000,- lah. Tapi fasilitas yang kamu dapatkan bener-bener bintang 5.

Dengan biaya segitu kamu sudah mendapatkan service pp dengan speadboat mewah, makan di restoran bintang 5, bisa nyicipin sampe puas semua fasilitas yang ada di sana. Mulai dari kolam renangnya sampe segala sesuatu permainan, tempat, wisata hiburan yang disediakan di Banana Island.

Tidak hanya itu, kamu juga akan disambut oleh para pelayan dari hotel-hotel bintang 5 yang ada di sana saat kamu sampai. Worth it banget!

Kalau menurut kamu Rp815.000,- berat untuk fasilitas seperti ini. Yakin nih enggak bakalan nyesel?

Sealine Beach Qatar

Nah, kalau kamu suka berenang di laut, cocok banget untuk pergi ke Sealine Beach. Karena di sini lautnya memang cocok untuk para perenang yang suka bermain dengan ombak-ombak kecil.

Kalau enggak bisa berenang gimana dong? Tenang saja walau kamu enggak bisa berenang, pemandangan di Sealine Beach luar biasa banget!

Enggak cuma pemandangannya tapi pasirnya pun lembut banget. Bikin pengen main di pasir selama mungkin. Kamu juga bisa kemping dan paragliding juga!

Kalau lagi di sini, rasanya kangen sama Phi-Phi Island. Karena sama-sama bikin nyaman dan pengen balik lagi.

Ditambah lagi, kamu bisa melihat mobil-mobil mahal “diperkosa”. Orang-orang Qatar dan juga wisatawan sering ke sini membawa mobil-mobil seperti Land Cruisers, Nissan, Petrol untuk melawan pasir gurun.

Maksudnya, mereka suka ngebutan-ngebutan di pasir. Jadi balapannya bukan di sirkuit biasa tapi balapan sambil ngadu ombak pasir gitu.

Nontonnya aja deg-degan banget. Nyobain disetirin? WAH Jantung mau copot!! Karena walau seru banget tapi dag-dig-dug abis.

Dari sini kalau kamu berjalan lebih jauh sedikit, akmu udah bisa melihat Saudi Arabia juga. Wajib banget untuk ke sini!

Tempat Wisata Museum di Qatar

Selain pantai, tempat belanja dan hiburan, Qatar juga terkenal sekali dengan museum-museumnya loh. Kalau kamu pencinta sejarah dan budaya, wajib banget mengunjungi tempat wisata satu ini.

Museum of Islamic Art

Qatar Museum of Islamic Art

Tidak hanya untuk pemeluk agama Islam, Museum of Islamic Art terbuka umum untuk siapa pun yang mau belajar lebih dalam mengenai Islam. Bagaimana ajaran Islam yang penuh cinta kasih dan sejarahnya dan budayanya yang sangat indah.

Di sini kamu seakan dibawa melewati mesin waktu untuk berkenalan dengan sejarah Islam. Bukan hanya dari cerita, namun artefak Islam yang ditampilkan di sana berasal dari berbagai penjuru dunia.

Museum of Islamic Art telah mengumpulkan artefak-artefak Islam sejak akhir tahun 1980-an. Kamu bisa menemukan berbagai artefak dari Turki, Mesir, India, Iran, Asia Tengah, Spanyol, Irak dan masih ada beberapa negara lainnya.

Jika itu semua masih tidak cukup untuk kamu, kamu bisa mengurung diri di tengah-tengah tumpukan buku (ada di rak sih), yang ada di perpustakaannya. Iya! Ada perpustakaan juga di sana.

Kamu juga bisa melihat ruangan penelitian yang ada di Museum of Islamic Art loh. Bener-bener harus masuk ke list tempat wisata di Qatar.

Sheikh Faisal Bin Qassim Al Thani Museum

Seikh faisal bin qassim al thani-museum

Kalau kamu punya yang yang banyak, kira-kira kamu akan menggunakan uangnya untuk apa nih? Seorang Sheikh dari Qatar memiliki ide yang sangat menakjubkan untuk menggunakan uangnya.

Sheikh Faisal Bin Qassil Al Thani menggunakan uang yang ia miliki untuk membangun sebuah museum. Enggak cuma sampai di situ, barang-barang yang ada di dalamnya juga merupakan barang pribadi milik Beliau.

Bukan hanya barang antik saja yang ada di sana, barang langka pun bisa kamu temukan. Mau tahu yang paling mengejutkan?

Di sini ada kunci Ka’bah juga. Mau tau seperti apa? Langsung aja kamu datengin museumnya. Eits! Tapi tunggu pas uda aman ya, jangan sekarang!

Katara Cultural Village

Katara Cultural
Katara Cultural Village

Semakin jauh menjelajah Qatar ternyata menemukan kejutan lainnya. Saat berada di Katara Cultural Village kamu seakan dibawa memasuki dunia lain.

Terlebih untuk kamu para pencinta art and culture. Karena kamu bisa menemukan museum hingga festival yang sangat seru di sini.

Mulai dari melihat-lihat Masjid yang dihiasi dengan mosaik penuh warna yang sangat indah. Tidak hanya itu, kesan tradisional pun juga akan kamu temukan saat mengunjungi Masjidnya.

Kalau ingin bersantai, kamu bisa nongkrong di Amphitheater dibagian outdoor nya. Selain tempatnya yang cozy banget pemandangannya juga enggak kalau menakjubkan.

Kamu langsung disuguhkan laut yang sangat indah dari tempatmu nongkrong. Cocok banget buat santai di sini sambil menunggu sunset.

Terkadang jika kamu berada di sana pada saat yang tepat kamu bisa menyaksikan festival yang sedang berlangsung di sana. Mulai dari festival musik pop, festival musik tradisional hingga Palestinian Heritage Festival.

Bener-bener tempat wisata di Qatar yang wajib banget kamu datengin! Enggak bakal nyesel deh.

Tempat Wisata Mall di Qatar

Untuk beberapa orang pas lagi jalan-jalan pasti nyari mall. Enggak salah kok, karena mall di Qatar bagus-bagus banget!

Villagio

Enggak perlu jauh-jauh ke Venice untuk naik Gondola. Kamu hanya perlu ke Mall Villagio yang berada di Doha. Lumayan kan, udah lebih deket daripada Eropa enggak pake visa lagi.

Interior Mall-nya keren banget! Kamu seakan lagi berada di Italia saat berada di mall ini. Ditambah lagi dengan kanal Gondola yang disediakan di dalam mall-nya.

Bosen jalan-jalan dan belanja? Naik Gondola aja!

Mall of Qatar

Mall of Qatar

Last but not least Mall of Qatar. Mall satu ini besar dan luas sekali. Mulai dari tempat belanja hingga tempat makan yang enak-enak ada semua di sini.

Kenapa wajib dikunjungi saat ke Qatar? Karena MoQ enggak cuma mall biasa aja, kamu bener-bener ngerasa ada di mall bintang 5.

Sekedar iseng-iseng ke sini juga enggak apa-apa kok. Window shopping banget rasanya karena interiornya bagus banget!! Makanannya juga enak-enak.

Ada hiburannya enggak ya? Wah, jangan khawatir! Mulai dari pertunjukan sulap sampe nonton bareng (nobar) sepak bola juga bisa di sini! Nobar terbesar dilakukan di sini waktu lagi ajang World Cup. RAME BANGET!

Enggak berhenti di situ. Tapi pohon besar di dalam mall dan juga taneman-taneman yang tersebar dan tertanam di mana-mana di dalam mall ini.

Belanja? Hampir semua brand terkenal ada semua di sini. Buat beli oleh-oleh juga cukup lengkap di sini, walau pastinya harganya akan sedikit lebih pricey.

Penutup

Karena lagi pandemik dan enggak bisa ke mana-mana, jadinya cuma bisa mikirin jalan-jalan dan berharap bisa cepet aman semuanya. Jadi kangen banget buat jalan ke mana pun.

Kalau kamu belum pernah ke Qatar dan ada rencana ke sana, semoga kamu bisa mampir ya ke sini. Karena 10 tempat wisata di Qatar ini bener-bener keren banget.

Buat kamu yang udah pernah ke Qatar, biasanya suka ke mana aja nih? Apa pernah ke tempat-tempat yang ada di atas? Share pengalaman kamu ya.

Ikuti juga artikel lainnya mengenai travel hanya di Selangkah.id!

2 Comments

  1. Saya sdh tinggal di Qatar kurang lbh 11thnan😊 Dari single sampai pny 2 anak. Malah klo kita pulang ke Bali blgnya liburan, trs balik ke Doha blgnya pulang kampung😅

Leave a Reply