Penipuan di China dan Cara Menghindari Penipuan di China

Penipuan di China dan Cara Menghindarinya

Jalan-jalan ke China emang seru banget. Tapi kamu enggak mau kan, malem-malem kamar hotelnya di gedor-gedor orang? Enggak hanya itu, kamu juga dituduh melakukan pelecehan! Yuk, sebelum jalan-jalan ke China kita cari tahu cara menghindari penipuan di China.

Apa kamu pernah mengalami atau mendengar tentang teman yang ditipu di China? Gila! Bisa serem banget.

Karena bukan cuma penipuan uang saja. Modusnya banyak sekali, bahkan kadang bisa sampai takut nyawa melayang.

Kok bisa begitu? Memang seserem apa sih? Langsung saja yuk cari tahu penipuan apa saja dan cara menghindari penipuan di China seperti apa.

Jenis-Jenis Penipuan di China dan Cara Menghindarinya

Di luar dari negaranya yang indah dan menyediakan banyak hal. Mulai dari pusat bisnis, barang-barang murah mulai dari yang asli sampai palsu.

Tempat wisata yang menarik dan indah. Makanan yang enak-enak baik halal dan non halal. Wah semua serba ada lah pokoknya!

Tapi ternyata penipuan di sana juga banyak sekali jenis-jenisnya. Ada apa aja sih?

Penipuan oleh Perempuan China

Foto hanya refrensi: Liu Yifei (artis)

Teruntuk traveler laki-laki, terutama yang pergi sendirian, coba bayangkan saat kamu lagi enak-enak jalan kaki, menikmati pemandangan atau sekedar berjalan saja. Tiba-tiba perempuan yang datang ke kamu.

Mungkin kira-kira percakapannya seperti ini, “Mas, aku yang semalam bersama kamu.” Kamu yang bingung pun berusaha untuk menghindar dan mengabaikannya.

Namun sayangnya, tidak bisa semudah itu, Ferguzo. Perempuan tersebut membawa pasukan laki-laki 3-5 orang bahkan lebih.

Mereka akan meminta pertanggung jawaban dari kamu. Jika kamu tidak mau bertanggung jawab, mereka akan membunuh kamu.

Pertanggungjawaban bisa berupa uang atau pun kamu disuru memilih untuk menikahinya. Mereka akan mengancam kamu dan meneriaki kamu dengan sangat galaknya.

Cara menghindari Penipuan oleh Perempuan China

Jika hal ini sampai terjadi ke kamu, lari dan carilah hotel atau restoran terdekat. Kalau bisa hotel atau restoran yang cukup mahal dan berkelas.

Minta perlindungan dari satpam di tempat tersebut. Mereka biasanya akan membantu dan keluar untuk melihat keadaan.

Para penipu yang melihat kamu memasuki hotel berkelas, biasanya akan kabur setelah melihat satpam. Mereka akan berfikir kalau kamu tidak akan keluar lagi.

Tunggu saja di sana selama 15-45 menit. Memang rasanya lama, tapi lebih baik lama daripada tidak selamat.

Hotel

Penipuan di Kamar Hotel di China
kamar Hotel

Nah, hal yang mirip seperti perempuan tadi bisa terjadi di hotel kamu menginap. Kalau kamu menginap di hotel bintang 3 ke bawah, malam-malam bisa saja ada yang menggedor pintu kamar kamu.

Akan ada seorang perempuan/laki-laki yang akan mengatakan kalau kamu sudah memesan mereka. Mereka juga tidak mau pergi dari situ sampai kamu membayar mereka.

Cara Menghindari Penipuan di Hotel:

Jika kamu sudah membuka pintu, maka segeralah tutup pintunya. Telepon receptionist, minta mereka untuk mengirim satpam atau panggil manager hotel jika mereka menolak.

Jangan buka pintu untuk siapa pun di luar jam operasional. Kalau pun harus membuka pintu, tanyakan dengan pasti mereka siapa dan apa keperluannya.

Kamu bisa crosscheck dengan receptionist untuk mengetahui kebenarannya sebelum membuka pintu. Tidak ada yang salah dari berjaga-jaga selama kamu di China.

Penipuan di Bar atau Restoran

Minuman beralkohol

Saat kamu sedang berada di bar atau restoran. Kadang kamu bisa didatangi oleh beberapa orang.

Jika kamu laki-laki, biasanya akan ada kelompok perempuan yang akan datang ke kamu. Ikut duduk dengan kamu dan memesan banyak minuman yang mahal-mahal.

Mereka akan mengobrol dengan kamu beberapa saat, lalu berkata akan ke kamar mandi. Sebenarnya, mereka meninggalkan kamu dan membiarkan kamu membayar semua bill nya.

Padahal, minuman yang diberikan kepada mereka juga bukan benar-benar alkohol atau bukan minuman yang mahal. Itu hanya akal-akalan orang tersebut dengan para pekerja bar/restorannya untuk mendapatkan bayaran.

Cara Menghindari Penipuan di Bar atau Restoran

Jangan pernah melakukan open credit di Bar/restoran. Pesan dan bayarlah apa yang kamu mau saat itu.

Jika ingin memesan lagi, maka langsung bayar saat itu juga. Hal ini dapat menghindari resiko kamu harus menanggung kerugian yang besar.

Jika bisa, ingatlah dengan pasti apa yang kamu pesan dan kamu konsumsi. Jadi mereka tidak akan bisa memaksa kamu untuk membayar sesuatu yang tidak kamu pesan atau konsumsi.

Tolak orang yang tidak kamu kenal untuk bergabung dengan kamu. Karena biasanya 80% dari mereka hanya mengincar uang kamu dan sudah berkerjasama dengan pihak restoran/bar.

Makanan Halal

Penipuan di China
Label Halal

Untuk para travelers muslim, sebisa mungkin lebih berhati-hati jika berada di China. Hal ini lantaran, di China beberapa tempat yang memiliki label halal sebenarnya tidak halal.

Mereka hanya menempel sticker saja tanpa benar-benar mendapatkan sertifikat yang sah. Ditambah lagi hanya akan asal-asalan mengatakan kalau itu halal tanpa tahu apa itu halal sebenarnya.

Cara untuk Menghindarai Makanan Halal Palsu

Lebih baik untuk mencari tempat makan yang memang dijual oleh orang muslim. Kamu juga bisa mencari restoran yang memang menyediakan ayam saja atau sayur-sayuran.

Hal ini akan membuat kamu lebih tenang karena tahu tidak ada kandungan daging yang tidak halal. Bisa juga, membeli makanan di minimart yang memang menjelaskan dengan rinci makanannya.

Taxi

Didi Taxi

Sama seperti negara Asia dan 80% negara lainnya. Taxi di China suka menipu argo taxi. Mereka bisa saja meminta uang yang lebih saat sudah menurunkan kamu.

Tidak hanya itu, argo di sana sangat kencang dan cepat sekali. Jadi siap-siap saja untuk membayar sangat mahal saat naik taxi di sana.

Cara Menghindari Penipuan oleh Taxi

Lebih baik kamu memesan Didi saja di sana. Mereka memiliki tarif yang jelas dan pasti. Atau jika memang terpaksa naik taxi, katakan dari awal kalau kamu hanya membawa uang sedikit, apakah itu cukup untuk sampai di tujuan?

Hal ini akan membuat kamu bertemu dengan supir taxi yang benar-benar baik dan tidak curang. Jika tidak, bayarlah sesuai argo dan tinggalkan supir yang ngotot untuk kamu membayar lebih.

Penutup

Penipuan memang terjadi di mana-mana. Tentunya, tidak semua orang juga pernah mengalami penipuan.

Tapi, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga kan? Ketika kamu mengetahui jenis Penipuan di China dan Cara Menghindarinya, kamu akan menjadi lebih paham dengan situasi.

Tetap harus enjoy saat jalan-jalan dan jangan terlalu banyak khawatir. Karena tujuan jalan-jalan adalah untuk bersenang-senang.

Ikuti terus artikel lainnya mengenai cara menghindari penipuan hanya di Selangkah.id!

Be the first to comment

Leave a Reply