7 Penipuan di Hong Kong yang Sering Terjadi

penipuan di hong kong yang sering terjadi

Hong Kong, negara yang sering menjadi tujuan orang Indonesia untuk berlibur, belanja dan mencari makanan enak. Tidak hanya orang Indonesia namun juga turis dari negara lainnya. Namun tahukah kamu kalau tingkat penipuan di Hong Kong cukup tinggi?

Tujuan orang Indonesia yang ingin berlibur ke Negara Asia di luar Asia Tenggara, biasanya jatuh ke Hong Kong. Biaya tiket yang tidak terlalu mahal ditambah lagi free visa untuk Warga Negara Indonesia.

Tentunya sangat menarik untuk mengajak berlibur teman-teman, keluarga, bahkan anak-anak karena ada Disneyland di sana. Hiburan untuk laki-laki seperti casino dan tempat belanja murah untuk para wanita.

Paket lengkap sekali di satu tujuan. Tapi, bagaimana dengan tingkat penipuan di Hong Kong (HK) yang sering terjadi? Langsung saja yuk, kita cari tahu ada apa saja dan bagaimana cara menghindarinya.

7 Penipuan di Hong Kong yang Sering Terjadi

Se-surga apapun negara tujuan kamu, kamu tetap harus berhati-hati. Tapi, berhati-hati bukan berarti tidak boleh bersenang-senang ya!

Biar liburan kamu di HK semakin seru dan bisa menikmati semuanya tanpa perasaan kesal, kamu perlu mewaspadai beberapa hal. Beberapa penipuan di Hong Kong yang akan dibahas di artikel ini cukup sering terjadi di HK

Penipuan Harga Taxi

Penipuan yang sering terjadi di Hong Kong
Taxi Hong Kong

Klasik sekali rasanya, karena sudah sering terjadi dihampir semua negara. Tapi masih saja banyak yang tertipu dan lebih baik untuk selalu diingatkan.

Tujuan utama turis biasanya adalah ke The Peak. Pemandangan yang indah, melihat tram, menunggu matahari tebenam atau sekedar jalan-jalan menghirup udara segar.

Asik banget rasanya menghabiskan waktu di The Peak. Masalahnya, jika kamu naik taxi dari Peak Tram menuju Central, banyak tukang taxi yang akan mematok harga 400-500 HKD! Padahal aslinya hanya sekitar 70-85 HKD saja.

Jika tidak terpaksa banget untuk naik taxi, lebih baik kamu naik busnya saja karena jauh lebih murah atau kalau punya banyak waktu, mengantri tram saja karena seru sekali!

Scam Uang Palsu di Taxi

penipuan di Ho
uang HKD

Hal ini sering kali tidak disadari oleh turis. Beberapa supir Taxi di Hong Kong akan mengatakan kalau uang kamu sudah tidak berlaku lagi.

Mereka akan meminta kamu untuk membayar dengan USD saja dan mereka akan memberi kembalian dengan uang terbaru. Padahal di saat itu, mereka akan memberikan kamu kembalian uang palsu.

Jadi, lebih baik saat kamu ke Money Changer untuk menukar uang kamu pastikan kalau uang itu masih berlaku, cek di internet tentang tahun uang yang berlaku di Hong Kong, kalau bisa kamu screenshoot sebagai bukti.

Gunakan aplikasi online seperti Klook untuk memesan kendaraan. Selain kendaraan kamu juga bisa memesan tiket wisata atau octopus card juga.

Penipuan Tempat Pijat di Hong Kong

Saat kamu sedang jalan-jalan di HK pasti sering sekali melihat tempat pijat/massage di mana-mana. Setelah jalan seharian, belanja dan keliling, rasanya pijat itu menggoda sekali!

Apalagi kalau kamu sedang di ladies market. Melihat semua stall toko yang berjualan, baik dari baju hingga souvenirs. Habis tawar menawar dengan para pernjual toko dan ngotot-ngototan.

Wah, siapa sih yang enggak mau pijet? Hampir di sepanjang jalan kamu akan melihat tempat yang menawarkan pijet kaki, refleksi atau pijet satu badan.

Menarik kan? Sayangnya, dibeberapa tempat, saat kamu memasukinya dan memilih paket pijetnya, setelah selesai kamu bisa-bisa harus membayar lebih!

Mereka akan bilang kalau harga yang tertera adalah untuk paket lain kamu tadi mendapatkan service A, B, C hingga E jadi harganya lebih mahal. Keterbatasan bahasa juga kadang membuat pengunjung bingung.

Jadilah kamu terpaksa membayar lebih mahal dari yang seharusnya. Lebih baik, kalau kamu memang mau pijet, carilah terlebih dahulu tempat yang memang sudah terkenal atau mendapatkan rekomendasi.

Tempat-tempat tersebut lebih bisa bahasa Inggris atau Mandarin, karena di HK orang hanya mau bicara Bahasa Cantonese. Tapi, di beberapa tempat terkenal yang berbicara Mandarin atau Inggris, orang-orangnya lebih dapat terpercaya dan harganya lebih pasti.

Penjualan Tiket Palsu di Hong Kong

Disneyland

Tempat atraksi di HK banyak yang menarik. Tapi, harganya juga lumayan mahal. Terutama untuk para backpackers atau keluarga yang membawa banyak anggota keluarganya.

Tentunya melihat sebelum membeli tiketnya kita pasti sering mencari promo, diskon, atau harga di platform mana sih yang paling murah. Pada tahun 2014, banyak orang menjual tiket murah di Taobao (seperti Tokopedi* nya Indonesia gitu).

Sayangnya, tiket yang dijual ternyata adalah tiket palsu. Sehingga banyak orang yang sudah membelinya tidak dapat menggunakan tiketnya bahkan terancam dilaporkan ke polisi.

Lebih baik membeli langsung dari website tempat tujuan yang resmi atau dari aplikasi penjualan yang memang resmi bekerjasama dengan tempat hiburannya. Sehingga, meminimalisir terjadinya penipuan di Hong Kong.

Barang Antik Palsu

Penipuan di Hong Kong yang sering terjadi

Hong Kong terkenal dengan barang antiknya. Mulai dari perabotan, patung, lukisan dan barang lainnya yang memang benar-benar antik.

Namun, dibeberapa tempat yang menjual barang-barang antik terutama di daerah Cat Street Market, beberapa dari mereka sebenarnya menjual barang palsu yang direplika dari China.

Jadi kamu harus benar-benar berhati-hati saat memilih dan membelinya. Mintalah surat yang memang menyatakan kalau barang ini adalah barang antik dan asli.

Kamu juga bisa membeli dari toko yang memang bekerjasama dengan pemerintah. Di situ terjamin kalau barangnya memang benar-benar asli.

Barang Elektronik Palsu

belanja di Hong Kong
belanja di Hong Kong

Selain barang antik, di HK juga banyak terjual barang elektronik palsu. Seperti contohnya, ada yang menjual memory card sebesar 64GB, tapi ternyata tidak bisa digunakan sama sekali.

Contoh lainnya seperti speaker yang dijual dengan harga lebih murah daripada di pasaran bahkan ada juga handphone palsu yang dijual loh, gaes.

Sebaiknya kalau mau membeli elektronik, lebih baik di toko yang memang bekerjasama langsung dengan brand yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk meminta garansi resminya dari toko tersebut dan brand nya ya!

Toko Souvenirs

Souvenirs di Hong Kong

Jika kamu ikut tour dan diantar ke toko souvenirs murah, lebih baik jangan percaya begitu saja. Beberapa toko souvenirs sebenarnya menjual barang dengan harga yang jauh lebih mahal daripada harga aslinya.

Contohnya saja kamu membeli barang seharga H$150 di toko tersebut, ternyata setelah kamu cek online harganya hanya H$8! Jadi sebelum kamu membeli sesuatu yang ditawarkan oleh sales marketing di HK, lebih baik kamu mengecek ulang harganya secara online.

Hal ini akan meminimalisir kemungkinan kamu tertipu dan membeli barang dengan harga 10x lipat. Bahkan beberapa toko menjual barang dengan harga 20x lipat lebih mahal dan turis tidak menyadarinya.

Penutup

Semoga beberapa jenis penipuan di Hong Kong yang sering terjadi kali ini dapat bermanfaat untuk kamu ya. Supaya jalan-jalan kamu tetap aman, asik dan menyenangkan.

Ikuti terus artikel lainnya mengenai cara menghindari penipuan saat jalan-jalan dan travel hanya di Selangkah.id!

2 Comments

Leave a Reply