Nonton Tilik Film Pendek Indonesia 2020

Siapa di sini yang uda skeptis duluan sama Film Indonesia? Buat yang skeptis, kamu wajib banget nonton Tilik film pendek Indonesia yang related banget sama kehidupan kita sehari-hari. Kamu seakan sedang di bawa jalan-jalan ke Jawa pas nontonnya!

Dalam waktu 32 menit, Tilik seakan membawa kamu ke dalam keseharian ibu-ibu Indonesia, terutama ibu-ibu yang ada di Yogyakarta, Jawa. Tapi menariknya, seakan kita bisa memiliki ikatan sendiri terhadap filmnya.

Buat yang suka nyinyir atau suka di nyinyirin pasti bakal gemes tapi juga ngakak sama gayanya Bu Tejo. Hayoo, siapa di sini yang biasanya jadi Bu Tejo?

Biar enggak makin penasaran, langsung aja yuk kita cari tahu informasi dan nonton Tilik film pendek Indonesia.

Informasi Tilik Film Pendek Indonesia

Nonton Tilik Film Pendek Indonesia
  • Judul: Tilik
  • Sutradara: Wahyu Agung Prasetyo
  • Produser: Elena Rosmeisara
  • Penulis: Bagus Sumartono
  • Perusahaan Produksi: Racavana Films
  • Tanggal rilis: 2018 (Indonesia), 2020 (YouTube)
  • Durasi: 32 Menit
  • Negara: Indonesia
  • Bahasa: Jawa

Pemeran

  • Siti Fauziah sebagai Bu Tejo
  • Brilliana sebagai Yu Ning
  • Angeline Rizky sebagai Bu Tri
  • Dyah Mulani sebagai Yu Sam
  • Lully Syahkisrani sebagai Dian
  • Hardiansyah Yoga Pramata sebagai Fikri
  • Tri Sudarsono sebagai Minto (Ayah Fikri)
  • Gotrek sebagai Gotrek
  • Ratna Indriastuti sebagai Yati
  • Stephanus Wahyu Gumilar sebagai Polisi

Sinopsis Tilik

Pernah enggak kamu berada dalam suatu perjalanan yang panjang bersama dengan rombongan, tapi ada ibu-ibu yang selalu bergosip? Kalau pernah, kira-kira gimana ya perasaan kamu?

Nah, Tilik menceritakan tentang perjalanan ibu-ibu desa dari Kabupaten Bantul yang sedang dalam perjalanan untuk menilik atau menjenguk ibu Lurah yang sedang sakit di Kota Yogyakarta.

Sepanjang perjalanan, Bu Tejo selalu bergosip mengenai Dian, seorang gadis muda yang menjadi pacar dari anak Ibu Lurah. Segala sesuatu mengenai Dian tidak henti-hentinya dibicarakan.

Mulai dari Dian adalah permepuan yang tidak benar, suka main laki-laki. Bahkan hingga Dian dituduh menjadi sumber masalah di kepala bu Lurah, hingga akhirnya Beliau jatuh sakit memikirkan anaknya dengan Dian.

Yu Ning, tidak suka dengan cara Bu Tejo yang bergosip sepanjang jalan. Ia pun sering kali menegur Bu Tejo dan meminta Bu Tejo untuk berhenti bergosip karena gosipnya tidak ada sumbernya.

Bu Tejo yang tidak terima, memperlihatkan sosial media yang memuat berita-berita mengenai Dian. Hingga akhirnya Bu Tejo dan Yu Ning bertengkar di atas truk.

Tiba-tiba truk berhenti karena disetop oleh seorang Polisi. Lantaran, seharusnya truk tidak mengangkut manusia.

Ibu-ibu yang tidak terima dengan polisi tersebut, turun semua dari atas truk. Mereka menyerbu pak polisi tersebut dan memarahinya dengan segala omelan.

Hingga akhirnya, truk berjalan kembali. #thepowerofemakemak

Sesampainya di Rumah Sakit di Jogjakarta, mereka bertemu dengan Dian dan Fikri, anak dari bu Lurah. Mereka pun mengatakan kalau Bu Lurah masih berada di ICU, sehingga belum boleh menerima kunjungan.

Ibu-ibu pun kecewa namun tidak dapat berbuat banyak karena ingin Ibu Lurah cepat sembuh. Yu Ning pun meminta maaf karena gegabah membawa orang-orang dari Desa pergi ke Jogja dan membuat semua orang susah.

Ia menyesal karena gegabah saat menerima berita dan tidak mencari informasi terlebih dahulu. Kelalaiannya tersebut membuat semua ibu-ibu yang pergi ke sana rugi waktu dan rugi tenaga.

Mereka pun tidak mendapatkan apapun. Berdiri selama berjam-jam dan tidak dapat bertemu dengan Ibu Lurah.

Setelah ibu-ibu pergi, Dian pun terlihat berjalan menuju mobil. Ia terlihat sedang berbicara dengan seorang pria tua.

Dian meminta untuk segera dinikahi dan tidak mau bersembunyi terus menerus. Karena sebenarnya, ia memiliki hubungan gelap dengan Pak Lurah.

Jadi, sebenarnya siapakah yang salah di sini?

Nonton Tilik Film Pendek Indonesia

Ceritanya sangat menarik kan? Kamu seakan bisa membayangkan bagaimana ya ibu-ibu itu bergosip.

Belum lagi keramaian saat mereka menyerbu Pak Polisi. Nah, biar enggak lama-lama langsung aja yuk nonton Tilik Film Pendek Indonesia, di situs di bawah ini.

YouTube

https://www.youtube.com/watch?v=GAyvgz8_zV8

Menarik banget karena Tilik memang di unggah secara resmi ke YouTube. Jadi kamu bisa menyaksikannya dengan gratis dan tidak perlu repot-repot membeli atau membayar untuk menyaksikan film pendeknya.

Bahasa yang digunakan di film Tilik adalah Bahasa Jawa namun saat menyaksikannya kamu akan disediakan sub Indonesia nya. Hal ini sangat memudahkan penonton untuk mengerti tentang apa yang sedang dibicarakan.

Kualitas videonya pun bisa kamu pilih dari 144p, 240p, 360p, 480p, 720p hingga HD 1080p. Kamu bisa banget menyesuaikan kecepatan internet kamu dengan kualitas filmnya.

Jadi misalnya kamu sedang tidak memiliki kualitas internet yang kuat, kamu bisa menyaksikan di 360p. Kualitas yang sudah cukup baik untuk menyaksikan di HP dan kamu tidak akan terganggu dengan buffer yang lama.

Kelebihan

  • Sarana nonton online gratis
  • Ada sub Indo dan Inggris
  • Pilihan resolusi videonya mulai dari 144p, 240p, 360p, 480p, 720p hingga HD 1080p

Kekurangan

  • Jika bukan pengguna YouTube premium maka kamu akan terganggu dengan iklan

Penutup

Saat nonton Tilik, menurut kamu siapa ya yang salah? Apakah Ibu Tejo yang suka bergosip namun mencari informasi terlebih dahulu, ataukah Yu Ning yang gegabah dan kurang informasi?

Kadang rasanya mudah untuk menilai orang lain begitu saja. Kita pun sering kali menjadi seperti Bu Tejo atau Bu Ning.

Setelah nonton Tilik, kita diajarkan untuk lebih baik membawa diri dan omongan, sehingga apa pun yang kita lakukan tidak merugikan orang lain.

Membicarakan orang lain juga tidak baik, walau pun memiliki bukti-bukti yang kuat. Terutama jika dibicarakan terus menerus dengan orang yang banyak.

Bukannya begitu? Share pendapat kamu di kolom komentar yaa.

Ikuti terus artikel menarik lainnya seputar film dan travel hanya di Selangkah.id!

1 Trackback / Pingback

  1. 10 Rekomendasi Film Netflix di Bulan September 2020 – Selangkah

Leave a Reply